Kuat Nanjak Dengan Mega Range


PhotobucketBuat yang punya sepeda dengan group set bawaan 3×7 speed tentu akan terasa berat ketika dihadapkan pada track nanjak, terlebih bagi mereka yang pemula, senang up-hill,  atauterpaksa up-hill😀, speed lebih tinggi tentu sudah menjadi kebutuhan. Setidaknya itu yang ada dipikiran.

Solusinya yang paling sering ditawarkan adalah ganti groupset dengan speed yang lebih tinggi, misal 3×9 speed atau bahkan 3×10 speed. Bagi goweser yang berkantong tebal, gonta ganti group set seperti itu tentu bukan persoalan yg berat, misalkan ganti ke Deore 10s atau SLX 10s mungkin masih enteng, tapi tentu ada yang merasakan mengganti groupset demikian terasa cukup memberatkan.

Perbedaan mendasar sebenarnya adalah jumlah teeth (mata gear) pada crank dan sprocket. Dalam gowes nanjak dibutuhkan crank dengan teeth paling sedikit dan sprocket dengan teeth terbanyak. Untuk saat ini jumlah teeth terbanyak pada  sprocket adalah 36 buah. Sprocket dengan 9 Speed biasanya memiliki 34 Teeth, ini sudah membantu saat nanjak.

Solusi paling praktis adalah dengan mengganti  srocket 7 speed bawaan pabrik (biasanya 28 teeth) dengan sprocket dengan mega range  dimana pada gear 1 (gear terbesar) memiliki 34 teth, atau sama dengan teth pada sprocket sepeda dengan 9 speed kebanyakan.

Semoga membantu, n buat master #CMIIW😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s